Kopi Hitam Punya 9 Manfaat Bagi Tubuh

Protected by Copyscape
Selain bermanfaat menghilangkan kantuk, ternyata Kopi Hitam bermanfaat untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi sesuai takaran kebutuhan perhari.

kopi, hitam, kopi hitam, manfaat, manfaat kopi, manfaat kopi hitam,
foto: pixabay.com


Berikut beberapa manfaat Kopi Hitam bagi kesehatan :

1. Mencegah berbagai penyakit hati

Sebagai salah satu organ tubuh yang berperan penting bagi metabolisme tubuh, hati harus selalu terjaga kesehatannya agar tidak terjangkit penyakit  hepatitis, sirosis alkohol, penyakit hati berlemak dan kanker hati.

Salah satu cara menjaga kesehatan hati adalah rutin setiap hari minum kopi hitam dengan takaran 1-2 cangkir per hari. Karena enzim hati yang rentan berbahaya dalam darah dapat diturunkan kadarnya dengan Kopi Hitam.

2. Meningkatkan Kecerdasan

Stimulan Psikoaktif yang dimiliki kopi, dalam prosesnya setelah masuk dalam tubuh akan mengembalikan kondisi mood, fungsi kognitif dan energi menjadi baik sehingga dengan sendirinya kecerdasan meningkat.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

kopi, hitam, manfaat kopi, manfaat kopi hitam, kopi hitam,
foto: pixabay.com
Penyakit demensia, turunnya kemampuan kognitif, parkinson dan alzheimer disebabkan turunnya fungsi otak seiring bertambahnya usia.

Rutin setiap pagi hari minum kopi hitam dapat mencegah resiko penurunan fungsi otak, meningkatkan daya ingat dan menjaga otak tetap aktif.

Peningkatan kadar dopamin dalam tubuh yang terjadi setelah meminum kopi terbukti dapat membantu pencegahan penyakit Parkinson.

4. Mencegah Kanker

Kanker bermula dari perkembangan tumor yang dipicu peradangan. Peradangan pada tumor ini dapat dikurangi dengan rutin meminum kopi hitam setiap hari. Kandungan zat dalam kopi dapat mencegah berbagai jenis kanker. 

5. Menaikkan Kinerja Fisik

Kafein dalam kopi hitam mampu menghancurkan lemak tubuh lalu melepas sel lemak ke aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas. Asam lemak bebas ini yang kemudian bermanfaat sebagai bahan bakar aktivitas fisik yang berat.

Peningkatan kadar Epinefrin (Adrenalin) dalam darah sebagai hasil reaksi kerja kopi hitam dalam tubuh sangat dibutuhkan tubuh untuk mengerjakan aktivitas fisik berat.

6. Menyingkirkan Racun Tubuh

Kopi hitam memiliki kemampuan diuretik yaitu melancarkan buang air kecil. Kemampuan diuretik ini yang membuat peminum kopi tanpa gula dengan sendirinya dapat mengeluarkan semua racun dalam tubuh yang terbawa lewat urine.

7. Mencegah Diabetes

Minum Kopi Hitam setiap hari 1-2 cangkir per hari dapat mencegah penyakit diabetes. 


kopi, hitam, kopi hitam, manfaat kopi hitam, manfaat kopi,
foto: pixabay.com
Diabetes, penyakit yang disebabkan kurangnya produksi insulin yang dibutuhkan tubuh. Kurangnya insulin membuat tubuh tidak mampu mengolah gula dalam darah menjadi energi sehingga terjadilah penumpukan gula berlebihan dalam tubuh.

Kopi berkafein maupun tanpa kafein dapat membantu peningkatan produksi kebutuhan insulin dalam tubuh. Sehingga dengan produksi insulin yang cukup dalam tubuh penyakit diabetes dapat dicegah.



8. Mengurangi Lemak Tubuh

Kandungan kafein dalam kopi hitam membantu jaringan lemak memecah lemak yang tersimpan dalam tubuh lalu melepasnya ke aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas. Asam lemak bebas dengan sendirinya habis karena digunakan sebagai bahan bakar melakukan kerja fisik.  

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Minum kopi hitam setiap hari lebih dari 1 cangkir per harinya harus dihindari khusus bagi penderita jantung. Kandungan kafein dalam kopi hitam jika dikonsumsi berlebihan akan memicu kerja jantung sehingga meningkatkan ritme debaran jantung. Hal ini dapat membuat jantung lebih cepat kelelahan dan membuat fisik penderita jantung melemah.  

Jika penderita jantung yang sudah dalam kondisi sehat tetap ingin meminum kopi hitam, minumlah 1 cangkir kopi hitam per hari setiap hari. Meminum kopi hitam sesuai aturan dosis yang dibutuhkan bagi penderita jantung justru mengurangi risiko penyakit kardiovaskular termasuk stroke.
Protected by Copyscape

Comments