Berhenti Merokok Jadi Mudah Jika 9 Tips Jitu Ini Diterapkan

Protected by Copyscape Berhenti merokok selama ini sering jadi persoalan yang sulit dilakukan. Terutama bagi perokok yang kecanduan berat, rokok sudah menjadi kebutuhan pokok yang wajib dikonsumsi setiap hari.

berhenti merokok, 9 tips jitu, merokok,
foto: pixabay.com

Padahal dalam jangka waktu ke depan merokok itu sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh. Kandungan zat aktif  dalam rokok lambat laun merusak organ-organ dalam tubuh manusia seperti kerusakan fungsi jantung, paru-paru bahkan kanker.

Namun selalu ada solusi bagi yang berniat sungguh-sungguh berhenti merokok. Ikutilah cara mudah berikut ini :

1. KETAHUI JENIS PENYAKIT AKIBAT MEROKOK

Dengan mengetahui jenis-jenis penyakit akibat kecanduan rokok yang kebanyakan berujung kematian, akan menimbulkan niat seorang pecandu rokok untuk berhenti merokok.

Jenis-jenis penyakit yang timbul akibat kecanduan rokok antara lain : kanker paru-paru, penyakit jantung, stroke, impoten, tukak lambung, kanker saluran pernafasan, kanker pankreas, kanker usus, kanker payudara, kanker rahim dll 


2. KESADARAN, NIAT DAN TEKAD BERHENTI MEROKOK

Setelah mengetahui jenis-jenis penyakit akibat merokok jangka panjang diharapkan timbul kesadaran dalam diri perokok pasif meninggalkan kebiasaan merokok untuk kesehatan tubuh sendiri.

Setelah sadar lalu berniat berhenti merokok yang diikuti dengan tekad yang bulat untuk 100 % berhenti merokok.

3. BUANG SEMUA ROKOK

berhenti merokok, merokok,
foto: pixabay.com
Dengan membuang semua rokok berikut alat-alat berhubungan rokok seperti asbak dan pemantik api dari hadapan perokok akan membantu perokok terhindar dari keinginan merokok.







4. PERBANYAK MAKAN CEMILAN ATAU PERMEN

Kegiatan merokok dapat diganti dengan cemilan dan permen. Dengan begitu, tidak ada waktu lagi untuk kegiatan merokok karena kebiasaan merokok sudah tergantikan dengan kebiasaan baru ngemil camilan dan permen.

5. OLAHRAGA

Olahraga ringan yang rutin tiap hari dilakukan akan membantu perokok pasif berhenti merokok.

Dengan olahraga ringan aktifitas akan lebih bermanfaat karena akan memperbaiki mood yang buruk dan menghilangkan stress. Diketahui mood yang buruk dan stress juga pemicu seseorang merokok. 

6. BERITAHU SEMUA ORANG

Memberitahu semua orang dekat seperti keluarga, teman, sahabat, kekasih tentang tekad untuk berhenti merokok.

Minta mereka membantu mengingatkan anda tentang tekad anda berhenti merokok jika sewaktu-waktu mereka melihat anda mulai tertarik lagi untuk merokok.

6.  BANYAK MINUM AIR PUTIH 

Minum air putih sehari 2-3 Liter akan membantu membuang racun penyakit termasuk juga zat aktif rokok yang ada dalam tubuh.

Selain itu, sudah terbukti memperbanyak minum air putih dapat mengurangi rasa rokok itu sendiri. Maka dengan sendirinya mendorong keinginan perokok pasif untuk tidak merokok.

7.  JAUHI LINGKUNGAN PEROKOK

Menjauhi lingkungan atau kelompok yang di dalamnya terdapat perokok pasif akan menghindari anda dari keinginan untuk merokok.

Anda akan terhindar minimal dari asap rokok yang baunya saja akan memancing keinginan anda untuk merokok kembali.

8. BANYAK MAKAN BUAH DAN SAYURAN

buah, sayuran, merokok, berhenti merokok,
foto: pixabay.com
Mengubah pola makan dapat membantu pecandu rokok berat berhenti merokok.

Kebiasaan pola makan lebih banyak konsumsi pemicu merokok seperti daging, kopi dan minuman mengandung alkohol harus diganti dengan kebiasaan memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran segar.

Buah dan sayuran jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menekan ketergantungan tubuh terhadap nikotin dalam rokok.

Serat yang terdapat pada buah dan sayur dapat membuat perut terasa kenyang. Rasa kenyang ini dengan sendirinya menghilangkan keinginan merokok.

9. MINUM SUSU

Telah terbukti, meminum susu secara bertahap dapat mengurangi rasa pada rokok. Rokok jadi terasa tidak enak dengan sendirinya akan menimbulkan rasa tidak minat terhadap rokok dalam diri perokok pasif.

Protected by Copyscape

Comments