Ternyata Buah Pisang Kaya Manfaat

Protected by Copyscape Ternyata buah Pisang kaya manfaat untuk tubuh kita. Buah yang tumbuh subur di daerah tropis ini dapat meningkatkan kesehatan tubuh apabila dikonsumsi rutin dua buah sehari.

pisang, manfaat,sehat, buah
foto:pixabay.com

Mari langsung kita simak saja berbagai manfaat buah Pisang:


1. Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Kandungan kurang lebih 420 mg potasium dalam buah Pisang dapat menjaga kestabilan tekanan darah. 

2. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Kemampuan buah Pisang mencegah naiknya berat badan dikarenakan kaya akan serat sehingga membuat perut cepat kenyang. Kandungan semacam pati pada pisang juga dapat mengurangi nafsu makan.

Selain itu pisang juga sanggup menurunkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan kepekaan sel tubuh terhadap insulin. Sehingga sel tubuh tidak sulit menyerap glukosa dan sejumlah besar insulin dapat dihasilkan pankreas.

3. Mencegah dan mengobati Anemia

Anemia adalah kondisi rendahnya jumlah sel darah merah dalam tubuh dan kecilnya kadar hemoglobin dalam darah.

pisang, buah, manfaat, sehat
foto: pixabay.com
Sejumlah besar zat Besi terkandung dalam buah Pisang dapat merangsang produksi sel darah merah. Selain itu, kandungan vitamin B6 dalam Pisang berfungsi mengatur jumlah glukosa darah. Hal ini dapat menolong penderita anemia.






4. Memperbaiki Proses Pencernaan

Telah banyak terbukti buah Pisang dapat dimakan penderita sakit perut atau mulas. Karena buah Pisang tidak mengiritasi saluran pencernaan sehingga mudah dicerna.

Bahkan buah pisang dapat mensuplai mineral yang hilang pada penderita diare. Dalam prosesnya, kandungan pati resisten dalam pisang tidak dicerna dan akan berakhir di usus besar sebagai media nutrisi bakteri sehat.

5. Mengurangi Stres

Buah Pisang dikenal dapat memperbaiki mood karena kandungan tryptophan dalam pisang mampu memproduksi serotonin.

Serotonin ialah hormon yang berfungsi menciptakan suasana kebahagiaan, hati yang senang dan tidur yang sehat. Hormon ini dihasilkan mineral Magnesium yang terkandung dalam pisang.

Umumnya satu buah pisang mengandung kurang lebih 27 mg magnesium.

6. Menambah Kebutuhan Vitamin B6 dan C

Buah pisang banyak mengandung vitamin B6 dan vitamin C yang sangat penting bagi tubuh.

pisang, manfaat, sehat, buah
foto: pixabay.com
Sekitar 20 persen dari kebutuhan per hari vitamin B6 terkandung dalam satu buah pisang. Manfaat Vitamin B6 yaitu menghasilkan asam insulin, haemoglobin, dan asam amino yang diperlukan tubuh.

Sekitar 15 persen kebutuhan per hari Vitamin C terkandung dalam sebuah Pisang. Manfaat Vitamin C sangat penting sebagai anti oksidan bagi radikal bebas, menjaga kesehatan pembuluh darah dan penghasil kolagen.

7. Menaikkan Jumlah Energi

Energi penting memenuhi kebutuhan tubuh untuk melakukan kegiatan yang berat. Kandungan Karbohidrat dalam buah Pisang dapat menghasilkan energi tersebut.

Sedangkan kandungan Potasium atau Kalium dalam buah pisang mampu mencegah kram pada otot.
Protected by Copyscape

Comments