5 Minuman Ini Ternyata Solusi Bagi Penderita Insomnia

Protected by Copyscape Sulit tidur atau insomnia sering melanda banyak orang tanpa pandang bulu.  Meski tubuh lelah dengan segala aktivitas seharian namun di malam hari mata sulit terpejam. Ketika waktu tiba jelang subuh barulah mata terpejam. Namun pukul 6 pagi mau tidak mau memaksa tubuh terbangun untuk kembali beraktivitas kerja seharian. Itu artinya jam tidur yang diperoleh hanya 2-3 jam.


insomnia, minuman, solusi, penderita insomnia,
foto: pixabay.com


Kondisi seperti ini tentunya sangat mengganggu aktivitas seharian dan mengurangi kualitas kerja mereka yang bekerja di luar rumah. Bukan tidak mungkin tubuh lemas dan pikiran tidak fokus dikarenakan kebutuhan tidur tercukupi hanya 3 jam. Normalnya kebutuhan tidur manusia 6-8 jam agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Agar kondisi tersebut tidak berlangsung lama, harus ditemukan solusinya. Solusi mengatasi sulit tidur umumnya orang mengonsumsi obat tidur. Namun penting diketahui, mengonsumsi obat tidur dalam jangka panjang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Oleh sebab itu alangkah baiknya mengonsumsi minuman alami yang berkhasiat mengatasi sulit tidur. Minuman alami ini manjur membuat penderita insomnia dapat tidur nyenyak.

Dilansir dari Globalnews.ca, ahli diet Nicole Osinga merekomendasikan 5 minuman yang dapat membantu penderita insomnia :

1. Jus Pisang

Dilansir dari Huffingtonpost, kondisi tidur normal membutuhkan pengontrol aliran Kalium.

Kandungan Kalium pada pisang yang tinggi sekitar 400 mg merupakan solusi untuk penderita insomnia dapat tertidur di malam hari.

insomnia, pisang, jus pisang, minuman, penderita insomnia,
foto: pixabay.com
Selain itu pisang juga kaya magnesium yang dapat membantu tubuh tidur lelap.

Konsumsilah pisang atau jus pisang sebelum tidur malam untuk memperoleh tidur yang berkualitas.   




2. Teh Chamomile

teh chamomile, tidur, insomnia, tidur nyenyak, minuman
foto: pixabay.com
Teh Chamomile yang berasal dari bunga Chamomile yang dikeringkan mengandung flavonoid yang berfungsi menyerap zat benzodiazepine di otak yang dapat memicu seseorang tertidur lelap. 

Itu sebabnya Teh Chamomile juga dikenal sebagai obat bius ringan.  

3. Susu

tidur,minuman, nyenyak, susu, insomnia
foto: pixabay.com
Asam amino atau triptofan yang terkandung dalam susu berkhasiat menenangkan syaraf otak.

Sulit tidur disebabkan otak yang tidak berhenti bekerja. Dengan mengonsumsi susu maka syaraf otak akan tenang dan tidur pun nyenyak.    




4. Susu Kedelai

minuman, susu kedelai, tidur, nyenyak, insomnia
foto:pixabay.com

Kandungan tryptophan dan melatonin dalam susu kedelai terbukti memicu seseorang tidur nyenyak dan memberikan tidur berkualitas.






5. Jus Makanan Kaya Magnesium

Magnesium adalah zat yang berfungsi merelaksasi otak.

Mengonsumsi jus dari makanan mengandung magnesium dapat membantu seseorang tidur nyenyak dan sulit tidur pun dapat teratasi.
Protected by Copyscape

Comments