Kandungan dan Manfaat Wortel Ini Bikin Kita Suka Konsumsi Wortel

Protected by Copyscape
Siapa pun pasti tahu Wortel yang terdiri dari berbagai jenis warna seperti oranye yang umum dikenal di Indonesia. Ada juga wortel berwarna ungu, kuning, merah, putih dan hitam.

wortel, kandungan, manfaat, sayur,
foto: pixabay.com

Sayuran yang memiliki nama latin Daucus Carota ini adalah jenis tanaman yang dapat tumbuh di semua musim. Wortel tumbuh subur di ketinggian kurang lebih 1200 meter di atas permukaan laut atau tepatnya di daerah bersuhu udara dingin atau lembab seperti daerah pegunungan. Selain itu tumbuhan Wortel membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhannya.

Wortel dikenal sebagai sayuran yang paling mudah dikonsumsi segala umur mulai dari bayi hingga dewasa. Dan cara mengkonsumsinya pun mudah dengan berbagai cara penyajian. Dalam keadaan mentah tapi segar, wortel dapat disajikan dalam bentuk jus dan lalapan. Dalam keadaan matang, wortel dapat disajikan dalam berbagai jenis masakan sayur, kombinasi dengan jenis sayuran lain seperti sop, asinan, isian untuk gorengan dll.

wortel, kandungan, manfaat, sayur,
foto: pixabay.com
Bukan sekedar nikmat untuk dikonsumsi sebagai makanan dan minuman saja, wortel juga mengandung banyak manfaat untuk tubuh lho. Ya, karena wortel kaya akan kandungan nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh seperti vitamin, serat, mineral dll.

Sebelum masuk pada pembahasan manfaat Wortel bagi tubuh, terlebih dulu diketahui kandungan nutrisi apa saja terdapat dalam wortel.

Kandungan Nutrisi dalam 100 gram Wortel :




BERBAGAI MANFAAT WORTEL :

1. Gigi dan Mulut

Diketahui dari situs stylecraze, Wortel dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi. Dengan cara yang mudah cukup mengunyah wortel segar dan mentah yang telah dikupas dan dibersihkan maka sela-sela dan plak gigi akan bersih sendirinya dari sisa-sisa makanan.  
wortel, kandungan, manfaat, sayur,
foto: pixabay.com
Konsumsi Wortel dalam bentuk Jus dapat memfungsikan kandungan mineral dalam wortel sebagai antiseptik yang dapat mengurangi kadar asam rongga mulut. Sehingga berkurangnya kadar asam dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Selain itu, mineral dalam wortel dapat membantu gusi memproduksi air liur bersifat alkali yang dapat mencegah gigi berlubang dan kerusakan lainnya.

Mineral berupa Kalsium dalam wortel juga berkhasiat menjaga kesehatan dan kekuatan gigi dan tulang sehingga tidak mudah keropos.  

2. Mata

Sudah umum diketahui khasiat wortel terutama untuk menjaga kesehatan mata bahkan dapat mencegah katarak dan mengobati mata minus. Kandungan Betakaroten dalam wortel mencegah mata dari katarak dan degenerasi makula.

wortel, kandungan, manfaat, sayur,
foto: pixabay.com
Dalam prosesnya, hati merubah Betakaroten jadi Vitamin A yang kemudian di dalam retina mata, Vitamin A diubah menjadi pigmen ungu rhodopsin yang berfungsi mempertajam penglihatan saat malam.

Betakaroten tidak dapat menyembuhkan kebutaan tetapi hanya dapat memulihkan kesehatan mata karena kekurangan Vitamin A dan mempertajam penglihatan.

Selain itu, terdapat antioksidan berupa Lutein yang masuk dalam Karotenoid. Lutein dalam wortel dapat mencegah mata dari serangan penyakit katarak, memulihkan kelelahan mata, menguatkan jaringan mata dan mempertajam penglihatan.

Kandungan Lycopene dalam wortel juga dapat dapat mencegah dan memulihkan degenerasi makula pada mata.

3. Kulit

Antioksidan Polifenol dalam wortel berfungsi mencegah serangan radikal bebas. Radikal bebas itu sendiri dapat merusak sel-sel dan jaringan tubuh sehingga dapat mengakibatkan penuaan kulit. Polifenol ini jika dikonsumsi rutin mampu mencegah kulit dari proses penuaan dini.

wortel, kandungan, manfaat, sayur,
foto: pixabay.com
Vitamin A sendiri yang merupakan hasil transformasi Betakaroten di dalam hati, juga berfungsi memperlambat penuaan sel-sel kulit, meregenerasi sel baru, menghapus noda hitam pigmentasi pada kulit, melindungi kulit dari radiasi Sinar UV, mencegah tumbuhnya jerawat.

Lycopene dalam wortel juga mampu menjaga kesehatan kulit dan kekencangan kulit sehingga kulit bisa awet muda.      

4. Jantung

Kandungan mineral berupa Kalium atau Potassium dalam wortel, berfungsi mengontrol tekanan darah dan denyut jantung tubuh yaitu dengan cara menekan efek dari kehadiran Sodium.

wortel, kandungan, manfaat, sayur,
foto: pixabay.com
Antioksidan Karotenoid yaitu Lutein yang terkandung dalam wortel dapat berfungsi mencegah penyakit jantung.

Beta Karoten dalam wortel juga berfungsi mencegah penyakit jantung koroner. Beta karoten bekerja mengurangi kolestrol jahat dalam tubuh sehingga resiko serangan jantung koroner dan aterosklerosis dapat dicegah.

Sama hal-nya Beta karoten, Alfa karoten yang terkandung dalam wortel juga dapat mencegah penyakit jantung. Alfa Karoten berfungsi melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh termasuk jantung.

Senyawa Lycopene (Likopen) dalam wortel mampu menurunkan kadar kolestrol sehingga menurunkan resiko penyakit jantung.

5. Pencernaan

Kandungan Fiber atau serat yang tinggi dalam wortel bermanfaat sekali menjaga kesehatan pencernaan dalam tubuh.

wortel, kandungan, manfaat, sayur,
foto: pixabay.com
Serat berfungsi mengolah makanan yang masuk dalam pencernaan dengan cara meningkatkan sistem gerakan usus. Serat mampu melancarkan gerakan makanan dalam usus sehingga dapat membantu proses metabolisme makanan dalam tubuh hingga dihasilkan feses. Feses merupakan sisa pencernaan makanan yang tidak dibutuhkan dalam proses metabolisme. Dengan sendirinya, Serat ini juga dapat mencegah sembelit.      

Dengan serat, tubuh dapat mengalami rasa kenyang sehingga sangat baik dikonsumsi dalam jumlah banyak ketika sedang program diet.  

6.  Mencegah Kanker

Kandungan utama wortel yang andil besar mencegah kanker adalah Falcarinol dan Falcarindiol yang bersifat antikanker. Faktanya, Falcarinol dan Falcarindiol diketahui sebagai pestisida alami pada tumbuhan karena dalam proses pertumbuhan wortel, Falcarinol dan Falcarindiol berperan besar melindungi akar-akar wortel dari serangan penyakit jamur.

wortel, kandungan, manfaat, sayur,
foto: pixabay.com
Selain itu, Falcarindiol juga berfungsi mengatasi rasa pahit pada wortel.

Falcarinol dan Falcarindiol mampu menghambat pertumbuhan berbagai jenis kanker.

Kandungan lain seperti Beta Karoten yang merupakan bagian dari Karoten dalam wortel juga anti kanker yang mampu mencegah perkembangan kanker.

Dibanding Beta Karoten, Alfa Karoten yang juga kelompok Karotenoid terkandung dalam wortel jauh lebih berkhasiat sebagai Antikanker. Alfa Karoten lebih mampu menangkis radikal bebas berlebihan dalam tubuh. Radikal bebas berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan pertumbuhan sel dan jaringan tidak normal yang kemudian disebut kanker. Sebelum radikal bebas merusak sel dan jaringan dalam tubuh, Alfa Karoten terlebih dulu menangkal aktifitas radikal bebas ini.

Agar khasiat antikanker dapat diperoleh maksimal, wortel harus dimasak sebelum dikonsumsi. Karena Senyawa Karoten dalam Wortel dapat terlepas maksimal setelah wortel dimasak. Kadar Karoten akan naik hingga 3-5 kali dengan proses pemasakan.

Kanker disebabkan radikal bebas berlebihan masuk dalam tubuh sehingga berakibat pertumbuhan sel yang tidak normal. Kandungan Likopen dalam wortel juga bertanggung-jawab menghambat pertumbuhan sel tidak normal tersebut.   

7. Menurunkan Kadar Kolestrol Jahat (LDL)

Kandungan serat dalam wortel berperan menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) dalam darah. Terutama Serat berjenis Serat Larut yang banyak terkandung dalam wortel berperan besar mengikat asam empedu yang menyimpan kolestrol jahat kemudian membuangnya dari tubuh sebagai feses.

wortel, kandungan, manfaat, sayur,
foto: pixabay.com
Kandungan Mineral berupa Magnesium dalam wortel juga berperan menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) dalam darah. Magnesium berfungsi mengontrol jumlah produksi kolestrol sehingga kekurangan magnesium menyebabkan tubuh memproduksi kadar kolestrol berlebihan.

Kandungan Mineral yaitu Kalium dalam wortel berperan menurunkan tekanan darah yang dengan sendirinya pasti juga menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) dalam darah dan kesehatan jantung terpelihara.

Likopen (Lycopene) bagian dari Karotenoid dalam wortel juga berperan menurunkan kolestrol jahat (LDL) dalam darah.

8. Mencegah Stroke

wortel, kandungan, manfaat, sayur,
foto: pixabay.com
Stroke disebabkan kadar kolestrol jahat (LDL) dalam darah terlalu tinggi.

Kandungan Beta Karoten dalam wortel sangat berperan mencegah serangan Stroke. Khasiat Antistroke Beta Karoten bekerja dengan cara menghambat penumpukan kolestrol jahat(LDL) dan plak dalam pembuluh darah.

Itu sebabnya untuk mencegah kadar kolestrol jahat (LDL) tinggi dalam darah disarankan konsumsi Wortel minimal 5 kali dalam seminggu.

9. Menjaga Kesehatan Otak

Likopen dalam wortel berfungsi mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak sehingga penyakit yang menyerang otak seperti kanker otak dan Alzheimer dapat terhindari.

wortel, kandungan, manfaat, sayur,
foto: pixabay.com
Mineral Kalium dalam Wortel dapat menaikkan kemampuan dan fungsi kognitif otak.

Polifenol yang terkandung dalam Wortel berperan antioksidan yang mencegah kanker otak dan Alzheimer.

Karbohidrat, Vitamin B, Beta Karoten, Vitamin E, Asam Folat dan Vitamin C dalam wortel sangat berperan meningkatkan daya memori otak dan menjaga otak dari stress okditatif.


Itulah beberapa manfaat utama Wortel bagi tubuh manusia. 

Guys, mengetahui kandungan dan manfaat wortel yang sangat berperan bagi kesehatan tubuh, tentunya jangan ragu jadikan wortel sebagai konsumsi wajib kita tiap hari.

Protected by Copyscape

Comments