Begini Tindakan Pertama Menolong Penderita Angin Duduk

Protected by Copyscape
Angin duduk atau istilah medisnya Angina adalah satu dari sekian banyak gangguan jantung yang ditandai dada terasa sesak, nyeri dan rasa terbakar yang disertai rasa sakit menjalar mulai tenggorokan ke lengan hingga punggung.


angin, duduk, angin duduk, angina,
foto: pixabay.com

Dilansir dari St John Ambulance, waktu seseorang terserang angin duduk dianjurkan tidak panik. Segera hubungi dokter. Lakukan pertolongan pertama sementara menunggu datangnya penanganan dokter, yaitu :


1. Tempatkan pasien pada posisi nyaman

Posisi nyaman bagi penderita angin duduk atau angina adalah duduk dengan punggung penderita menyender pada bantal. Kedua kaki dilipat dengan sela-sela betis dan paha diganjal bantal.

2. Minum Obat

Jika penderita angin duduk memiliki obat khusus untuk angina segeralah sarankan untuk diminum. Atau jika penderita tidak memiliki obat khusus angina dan tidak memiliki riwayat alergi, berikan dia minum satu tablet atau kapsul aspirin.

3. Sarankan Beristirahat

Sarankan penderita angin duduk beristirahat selama menunggu datangnya penanganan dokter. Lalu amati terus respons penderita angin duduk. Jika terjadi penurunan level respons, segera lakukan CPR (Cardiopulmonary Resusication).

Tahap-tahap CPR (Cardiopulmonary Resusication) yaitu :

1. Menekan dada penderita angin duduk dengan posisi kedua tangan kita saling menumpuk.

2. Tekan dada penderita sedalam 5-6 cm berulang kali sebanyak 30 kali tanpa mengangkat tangan kita dari dada penderita.

- Jika penderita tetap tidak merespon setelah dilakukan tahap 1 dan 2, segeralah beri nafas buatan.
Protected by Copyscape

Comments